Minggu, 19 Juni 2016

Surya Kencana - Bogor

Bogor adalah suatu kota yang sebagian besar penduduknya adalah pendatang, kota ini bisa disebut sebagai salah satu Kota Persinggahan.
Kami akan mengakat salah satu jalan yang ada di Bogor, yaitu Jl. Surya Kencana.




Di jalan ini banyak dijadikan tempat wisata belanja bagi para wisatawan dari luar kota.
Baik itu Kulinernya maupun barang-barangnya.
Tidak sedikit para wisatawan lokal dan non lokal (Bandung, Jakarta, Sukabumi, dll) yang datang pada akhir Weekend ke tempat ini, hanya untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-temannya.
Baiklah, kita akan mendatangi satu persatu tempat yang menjadi tempat favorit atau target para wisatawan di Jalan Surya Kencana ini.

Sebelum kita memasuki Kawasan Surya Kencana, kita akan bertemu dengan deretan Kios Bunga yang buka selama 24 Jam (woooww.. can you imagine that..??!!)



Vihara Mahacetya Dhanagun
Terdapat salah satu Wisata Budaya di Kawasan Surya Kencana, yaitu Vihara Mahacetya Dhanagun. Vihara yang telah berdiri sekitar tahun 1672 Masehi atau di awal 18 Masehi ini dikenal juga dengan nama Hok Tek Bio. Meskipun saat ini Hok Tek Bio merupakan suatu Vihara namun di dalamnya tetap diizinkan praktek-praktek kepercayaan masyarakat Cina, seperti Konfusianisme dan Toisme (info: jabarprov.go.id).



Toko Swalayan Grand
Toko Swalayan ini juga termasuk tempat favorit saya, karena di dalam toko swalayan ini barang yang dijual cukup terbilang murah atau bahkan bisa dibilang paling murah dan lengkap di kawasan Bogor.
Tidak heran jika setiap hari banyak yang berkunjung dan berbelanja di Toko Swalayan Grand ini, apalagi jika sudah mendekati hari raya atau libur nasional. Pasti akan penuh sesak dengan pengunjung.
Namanya juga Swalayan, pengunjungnya pastilah dari golongan ibu-ibu rumah tangga (hehehehe..).




Toko ABC (Alat Tulis)
Toko ini sudah cukup lama dan melegenda di Kawasan Surya Kencana ini. Karena di toko ini menjual berbagai macam Alat Tulis yang lucu-lucu dan bermerk dengan harga yang cukup menonjol perbedaannya dari Toko Alat Tulis lainnya.




Soto Kuning Pak Bongkok
Soto Kuning yang merupakan salah satu khas makanan khas Kota Bogor dan Soto Kuning Pak Bongkok cukup dikenal di Kota Bogor. Bahkan sudah menjadi tempat favorit Bapak Dahlan Iskan.
Makanan ini mempunyai ciri khas yang berwarna kuning dari kuahnya sampai ke daging-dagingnya.
Daging yang digunakannyapun adalah daging sapi tapi bukan daging sapi biasa, karena yang digunakan adalah daging kepala sapi. Warna kuning pada soto ini disebabkan oleh kunyit yang dipakai sebagai bahan dasar Soto Kuning ini sendiri.


Es Pala Pak Ujang
Setelah makan Soto Kuning kita akan beralih ke Es Pala Pak Ujang yang cukup menyegarkan menurut saya.
Masih berada di Kawasan Surya Kencana, Es Pala Pak Ujang juga merupakan salah satu tempat favorit saya.
Pala juga merupakan salah satu buah khas Kota Bogor. Dijamin tidak akan menyesal bagi para wisatawan yang ingin mencoba kesegaran buah khas Kota Bogor ini.




Ini adalah sekilas informasi tentang kawasan yang sudah menjadi incaran para wisatawan lokal dan non lokal di Kota Bogor.
Sebenarnya masih banyak yang bisa dieksplore di Kawasan Surya Kencana ini.
Silahkan berkunjung jika ingin membuktikannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar